06 Desember 2014

William B Shockley, Nobelis 1956

Ads by Google


William B. Shockley Lahir di London, Inggris pada tanggal 13 Februari 1910. Dia adalah putra William Hilman Shockley, seorang insinyur pertambangan yang lahir di Massachusetts. Ibunya, Mary yang juga bekerja di bidang pertambangan, adalah seorang deputi surveyor mineral di Nevada.

Pada tahun 1913, keluarga Shockley kembali ke Amerika Serikat. William Junior yang menempuh pendidikan di California, mengambil program sarjananya di California Institute of Technology pada tahun 1932. Selanjutnya, William mengambil kuliah di Massachusetts Institute of Technology di bawah bimbingan Profesor J. C. Slater dan meraih gelar Ph.D di Institut tersebut pada tahun 1936, dengan disertasi tentang struktur pita energi sodium klorida. Pada tahun yang sama, dia bergabung dengan Laboratorium Bell Telephone, bekerja dalam grup yang dipimpin oleh Dr. C. J. Davisson.

William B. Shockley bertahan di sana hingga tahun 1955.

Dia meletakkan jabatan sebagai direktur jurusan fisika transistor untuk menjadi direktur laboratorium semikonduktor Shockley di Beckman Instruments, Inc. Mountain View, California. Tugasnya adalah melakukan penelitian pengembangan dan produksi transistor baru dan alat semikonduktor lainnya.

Selama perang dunia II, Shockley menjabat sebagai direktur peneliti di Anti-Submarine Warfare Operation Research Group lalu menjadi konsultan ahli di kantor sekretaris perang.

Shockley dua kali menjalankan kuliah tamu: pada tahun 1946 di Princeton University, dan pada tahun 1954 di California Institute of Technology. Dalam kurun waktu 1954-1955 dia menjadi deputi Direktur dan Direktur peneliti di Weapon System Evaluation Group Departemen Pertahanan.

Penelitian Shockley dipusatkan pada pita energi zat padat, keteraturan dan ketidakteraturan unsur paduan, teori tabung vakum, difusi diri tembaga, teori dislokasi dan batas butir, teori dan eksperimen bahan ferromagnetik, eksperimen tentang fotoelektron pada klorida perak, berbagai topik dalam fisika transistor, dan penelitian operasional tentang statistik gaji dan produktivitas individu dalam laboratorium penelitian.

Ads by Google
Hasil-hasil kerjanya telah menuai berbagai jenis penghargaan. Dia menerima medal for merit pada tahun 1946, atas hasil-hasil kerjanya pada departemen perang, menerima penghargaan Memorial Morrin Leibmann di Institut teknik radio pada tahun 1952. Tahun berikutnya, memperoleh penghargaan Oliver E. Buckley dalam bidang fisika zat padat dari American Physical Society, dan setahun kemudian menerima Penghargaan Cyrus B. Comstock dari Akademi Nasional Sains. Penghargaan tertinggi, hadiah nobel fisika, dianugerahkan kepadanya pada tahun 1956, bersama-sama dengan koleganya di laboratorium Bell Telephone, John Barden dan Walter H.Brattain.

Pada tahun 1963 Shockley terpilih sebagai penerima Medali Holley dari American Society of Mechanical Engineer.

Dr. Shockley menjadi anggota Penasihat Sains di Panel Angkatan bersenjata Amerika Serikat sejak tahun 1951 dan mengabdi pada Air Force Scientific Advisory Board sejak tahun 1958. Pada tahun 1962 dia ditunjuk menjadi Presiden Scientific Advisory Committee. Dr. Shockley menerima beberapa penghargaan doktor sains dari University of Pennsylvania, Rutgers University dan Gustavus Adolphus Colleges di Minnesota.

Selain sejumlah artikel ilmiah pada jurnal sains dan teknik, Shockley juga menulis buku berjudul Elektron and Hole in Semikonduktor (1950) dan menjadi editor buku berjudul  Imperfections of Nearly Perfect Crystals (1952). Dia menerima lebih dari 50 paten atas berbagai hasil temuannya.

Dr. Shockley menikah dua kali selama hidupnya dan memiliki tiga orang anak dari istri pertamanya, Jean (nee Bailey). Keluarga ini berakhir dengan perceraian; Shockley kemudian memilih Emmy Lanning sebagai istri keduanya. 

Sumber :
"William B. Shockley - Biographical". Nobelprize.org. Nobel Media AB 2014. Web. 2 Dec 2014. <http://www.nobelprize.org/nobel_prizes/physics/laureates/1956/shockley-bio.html>

2 komentar :

  1. sy sudah bandingkan dengan tulisan aslinya. terjemahan nya sangat bagus Pak. referensi juga buat yg belajar translate. terima kasih pak

    BalasHapus
  2. Sama-sama belajar Elli... Salam sukses

    BalasHapus