20 Desember 2014

Walter H. Brattain, Nobelis Fisika 1956

Ads by Google

Walter H. Brattain dilahirkan di Amoy, China, pada tanggal 10 Februari 1902, putra pasangan Ross R. Brattain dan Ottilie Houser. Masa kecil dan masa remaja Brattain dihabiskannya di Washington, Amerika Serikat. Gelar B.S. diraihnya dari Whitman College pada tahun 1924, gelar M.A dari University of Oregon pada tahun 1926 dan gelar Ph.D dari University of Minnesota pada tahun 1929.

Dr. Brattain adalah staf teknis di Bell Laboratories sejak tahun 1929. Bidang penelitian utama yang ditekuninya adalah karakteristik permukaan zat padat. Penelitiannya mula-mula berfokus pada proses emisi termionika dan lapisan penyerapan pada tungsten. Penelitian tersebut kemudian dilanjutkan dengan fokus pada rektifikasi (penyearahan) dan efek cahaya pada permukaan semikonduktor. Topik penelitian ini dimulai dengan mempelajari rektifikasi pada permukaan material oksida tembaga. Beberapa waktu kemudian, hasil penelitian tersebut dikembangkan pada bahan silikon dan sejak perang dunia II, diperluas pada bahan germanium.
Ads by Google

Kontribusi Dr. Brattain dalam bidang fisika zat padat antara lain pada penemuan efek cahaya terhadap permukaan bebas semikonduktor; penemuan transistor persambungan-titik bersama dengan Dr. John Bardeen, serta hasil penelitiannya sehingga memberikan pemahaman yang lebih baik tentang karakteristik permukaan semikonduktor. Penelitian ini pertama kali dikerjakan bersama Dr. Bardeen, kemudian bersama Dr. C.G.B. Garret, dan terakhir bersama dengan Dr. P.J. Boddy.

Dr. Brattain menerima doktor sains kehormatan dari Portland University pada tahun 1952, dari Whitman College dan Union College pada tahun 1955, serta dari University of Minnesota pada tahun 1957. Pada tahun 1952 beliau dianugerahi Medali Stuart Ballantine dari Franklin Institute, serta pada tahun 1955 menerima medali John Scott. Penghargaan dari Union College tersebut beserta dua medali itu diterima bersama-sama dengan Dr. John Bardeen, sebagai penghargaan atas hasil kerja mereka tentang transistor.

Dr. Brattain adalah anggota National Academy of Sciences dan Franklin Institute; anggota American Physical Society, American Academy of Arts and Sciences, dan American Association for the Advancement of Sciencs. Beliau juga adalah anggota komisi semikonduktor di International Union of Pure and Applied Physics, serta anggota Naval Research Advisory Committee.

Pada tahun 1935, Dr. Brattain menikah dengan Dr. Keren (Gilmore) Bratttain; dan dikaruniai seorang putra, yang diberi nama William Gilmore Brattain. Pada tahun 1958 beliau menikah lagi dengan Emma Jane (Kirsch) Miller. Dr. Brattain tinggal di Summit, New Jersey, dekat Murray Hill (N.J) Laboratory laboratorium milik Bell Telephone Laboratories.

Walter H. Brattain meninggal dunia pada tanggal 13 Oktober 1987.

Sumber: Nobel Lectures, Physics 1942-1962, Elsevier Publishing Company, Amsterdam, 1964 

Catatan : Otobiografi di atas ditulis pertama kali saat penganugerahan nobel pada tahun 1956 dan dipublikasikan dalam seri buku Les Prix Nobel.

0 komentar :

Posting Komentar