21 Februari 2012

Konfigurasi Transistor dalam Rangkaian

Ads by Google

Transistor adalah sebuah komponen elektronika berterminal tiga yang tersusun atas tiga lapisan material semikonduktor. Susunan lapisan material semikonduktor pada transistor terdiri atas dua kemungkinan. Kemungkinan pertama, dua buah lapisan semikonduktor jenis -p mengapit sebuah lapisan semikonduktor jenis -n. Susunan ini akan membentuk transistor pnp. Kemungkinan kedua, dua buah lapisan jenis -n mengapit lapisan jenis -p. Susunan ini membentuk transistor jenis npn.

Sebagaimana kita ketahui, pada sebuah material semikonduktor terdapat dua macam muatan pembawa yaitu muatan pembawa mayoritas dan muatan pembawa minoritas. Pada semikonduktor jenis -p muatan pembawa mayoritasnya adalah hole (bermuatan positif) dan pembawa muatan minoritasnya adalah elektron (bermuatan negatif). Pada divais (alat) semikonduktor semacam transistor kita dapat memanfaatkan kedua muatan pembawa ini atau hanya salah satunya saja dalam proses konduksi. Jika kedua muatan pembawa tersebut memiliki peran terhadap proses konduksi dalam transistor maka jenis transistor ini disebut transistor bipolar, sedangkan jika hanya memanfaatkan satu jenis muatan pembawa saja, maka transistor tersebut disebut transistor unipolar yang lazim disebut transistor efek medan (FET). FET merupakan singkatan dari Field Effect Transistor. Pada artikel ini kita akan membahas tentang jenis yang pertama: transistor bipolar atau biasa juga disebut Transistor BJT.

Bentuk fisik dari sebuah transistor yang sering ditemukan berupa sebuah tabung kecil dengan tiga kaki. Masing-masing kaki ini diberi nama emiter (E), basis (B), dan kolektor (K). Transistor merupakan salah satu alat bergerbang dua karena memiliki dua gerbang yaitu gerbang masukan dan gerbang keluaran. Setiap gerbang menggunakan dua pasang kaki transistor. Karena hanya ada tiga kaki transistor, maka agar terbentuk dua gerbang, salah satu dari ketiga kaki ini haru digunakan bersama sebagai gerbang yaitu sebagai gerbang keluaran sekaligus sebagai gerbang masukan. Ada tiga kemungkinan susunan kaki-kaki transistor (yang membentuk gerbang masukan dan gerbang keluaran) dalam sebuah rangkaian elektronik, yaitu: basis bersama, emiter bersama, atau kolektor bersama. Pemahaman tentang ketiga susunan transistor ini sangat penting untuk dapat memahami fungsi dan merancang sebuah rangkaian yang menggunakan transistor. Penjelasan tentang susunan atau konfigurasi transistor ini dapat Anda pelajari dengan mengunduh file Konfigurasi Transistor dalam Rangkaian di sini.

0 komentar :

Posting Komentar